Memperingati Hari Gizi Nasional 2012, Kemenkes Kaji Pro-Kontra Gizi Vegetarian


Memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh 25 Januari 2012 lalu, pihak Kementerian Kesehatan RI taja berbagai kegiatan yang berkaitan dengan gizi. Tahun ini, bersama Indonesia Vegetarian Sociaty dan Vegan Sociaty of Indonesia, gelar seminar soal pro dan kontra soal pola makan vegetarian di Tanah Air, yang bertempat di Kantor Kementrian Kesehatan RI.

 Adapun tema yang menjadi pokok bahasan adalah ”Bagaimana Mutu Makanan Vegetarian, Apakah Dapat Mengendalikan Penyakit Degeneratif atau Sebaliknya Menjadi Vegetarian akan Kekurangan Berbagai Zat Gizi”

 Dalam seminar tersebut, dr Minarto, MPS selaku Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Ketua Umum Persagi, menyampaikan bahwa Persatuan Ahli Gizi (PAG) bersama Kemeneks RI akan menerbitkan position statement (pernyataan sikap) untuk mendukung gizi dan kesehatan vegetarian/vegan. Konsep ini sebelumnya pernah ke luar di dalam Journal Position Statement yang sudah diterbitkan oleh American Dietetic Association di America dan Canada sejak 1997, 2003 dan 2009.

 Seminar ini semakin menarik, karena pembahsan konsep vegetarian tersebut dikupas oleh 3 pembicara yang berkompeten. Pada sesi pertama Dr Susianto, MKM selaku President Vegan Society of Indonesia dan Koordinator International Vegetarian Union Asia Pasifik, memaparkan soal mutu gizi vegetarian.

 Menurut Susanto, rasio efisiensi protein yang selama ini digunakan ternyata tidak mengacu pada pola kebutuhan asam amino manusia. Karena penelitiannya menggunakan tikus yang tentu saja rasio kebutuhan asam aminonya berbeda dengan manusia, dan sekarang acuan baru telah di keluarkan oleh WHO, FAO, FDA

 “Semua ini mematahkan isu lama bahwa protein hewani lebih unggul dari protein nabati. Ulasan-ulasan berbasis ilmiah lainnya juga dipaparkan dalam forum ini semakin memperjelas vegetarian/vegan adalah diet gizi seimbang yang mampu memenuhi kecukupan gizi untuk hidup sehat dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” paparnya di hadapan 380 peserta seminar.

 Di sesi kedua tidak kalah menariknya persoalan yang diketengahkan Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. Yakni apakah vegetarian dapat mengatasi penyakit degeneratif?” Hal tersebut terjawab dengan merujuk dari data-data hasil penelitian dari pakar gizi selama ini. Di mana, orang yang non vegetarian berada pada area berisiko tinggi defisiensi nutrisi.

 Bahkan berisiko tinggi pula menderita penyakit degeneratif dibandingkan kelompok vegetarian. Data dari National Cancer Institut bahwa konsumsi daging dengan frekuensi lebih dari 4 kali seminggu meningkatkan risiko kanker lambung sebesar 2 kali.

 Sesi terakhir Nufri Afriansyah, M.Sc dari Pusat Teknologi dan Epidemiologi Klinik. Mengangkat topik,”Vegetarian Menurut Gizi Seimbang: Benarkah Rentan Kekurangan Gizi? Beliau mengakui isu-isu kontra tentang vegetarian, kini telah ditinggalkan karena bukti-bukti penelitian menunjukkan pelaku vegetarian/vegan yang terencana dengan baik dapat terhindar dari risiko kekurangan gizi.

 Namun beliau juga menekankan, khususnya bagi pelaku vegan untuk memperhatikan tiga unsur gizi yang asupannya relatif minim pada diet vegan yakni: Vitamin B12, Vitamin D dan Kalsium.

 Vitamin B12 dapat diperoleh dari tempe atau makanan/ minuman yang difortifikasi B12, lalu vitamin D khusus untuk daerah yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari (tidak masalah bagi Negara tropis seperti Indonesia). Lalu kalsium, dapat dengan mudah dipenuhi asal mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan produk kedelai seperti tahu dan tempe🙂

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    JurnalPhobia said,

    saya baru membaca artikel anda, terimakasih atas pengetahuan dan report seminarnya.

  2. 2

    The capacities of 8, 12, roofing baltimore maryland 16, and 20 quarts ensure
    you always have the right size pot for stews, soups, chili,
    and more. Hoffritz 4 Piece Nesting Aluminum Stockpot Set with Lids – This
    Hoffritz 4 Piece Nesting Aluminum Stockpot Set is perfect for preparing big family dinners, holiday meals,
    and large cookouts. The capacities of 8, 12, 16, and
    20 quarts ensure you always have the right size pot for stews, soups, chili, and more.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s