Makanan Organik untuk Bayi, Perlukah ?


Makanan organik bayisemakin dikenal akhir-akhir ini. Trend mengonsumsi makanan ini memang mulai meningkat seiring dengan kesadaran betapa pentingnya faktor makanan bagi kesehatan tubuh. Bahkan sebagian masyarakat rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan buah-buahan atau sayuran organik yang memang terbilang masih jarang di negara ini.

      Mengonsumsi makanan organik secara rutin memang dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Makanan organik merupakan produk pertanian yang bebas pupuk kimia, bahan kimia dan unsur-unsur zat pengawet, pewarna, dan pemanis, mulai dari proses penanaman hingga packing lalu penyimpanan.Memang sejumlah makanan organik sebenarnya tidak benar-benar terbebas dari zat tambahan, namun kadarnya diatur sangat ketat hingga berada dalam batas tolerir.

      Dan kini, bukan hanya orang dewasa yang mengonsumsi makanan organik, bayi pun mulai dijaga kesehatannya dengan ditanamkan sedari dini pola makan yang sehat. Memang akan sulit bagi para orangtua untuk mengontrol anak-anak ataupun remaja yang telah mengenal makanan “junk food.” Ketakutan akan ketergantungan pada jenis makanan cepat saji itu mungkin dapat diatasi dengan cara mengenalkan sedari dini pola makan yang sehat.

      Dari segi rasa, sebagian menyebutkan makanan organik bayi kurang enak rasanya, namun sebagian juga mengatakan lebih enak dibandingkan makanan bayi non-organik. Enak atau tidak enaknya makanan organik ini tetap memiliki kelebihan dibandingkan non-organik, yaitu tidak mengandung gula dan garam tambahan.

       Makanan bayi organik umumnya mendapatkan efek manis alami dari sari pati jagung atau gandum. Ditinjau dari segi harga, makanan organik memang cukup menguras kantong. Proses pembuatannya yang dibutuhkan perlakuan khusus dan hati-hati lah yang menyebabkan harganya mahal.

      Dalam proses pengolahan makanan bayi organik pun Anda harus berhati-hati, jangan sampai kandungan gizinya hilang. Anda harus mencaritahu berapa suhu yang tepat untuk memasak agar nilai gizinya tidak hilang. Bagaimana brokoli dan wortel organik dimasak, apakah warnanya jangan sampai pudar? Bagaimana menjaga unsur mineral dan vitamin dalam makanan organik tidak cepat hilang? Bagaimana penyimpanan makanan organik matang agar tetap steril? Dan lainnya sebagainya.

      Untuk mendapatkan semua informasi mengenai makanan bayi organik ini, ada baiknya Anda menanyakannya pada ahli nutrisi🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s