Pola Makan Yang Benar


[0000007.jpg]Pola makan sehari-hari yang benar adalah bila mengkonsumsi nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh dan terdiri dari enzim, serat dan gizi yang seimbang sebagai berikut ;

*  Enzim dan fungsinya. Enzim diperoleh dari makanan mentah dan banyak dihasilkan dari buah-buahan dan sayuran mentah. Fungsi enzim:

1.  Sebagai energi hidup (vitalitas) dan daya tahan tubuh untuk mencegah dan menyembuhkan semua penyakit.
2.  Mencernakan dan mengeluarkan racun (detoksinasi) dari polusi internal dan eksternal
3.  Memelihara metabolisme dan proses regenerasi untuk membuat tubuh sehat dan awet muda. Jumlah yang harus dimakan , 80% buah dan sayuran mentah, 20% dimasak matang.

* Serat dan fungsinya.Serat diperoleh dari setiap jenis makanan vegetarian.Fungsi serat: Sebagai alat permbersih dalam usus dan membantu melancarkan pencernaan. Seluruh kotoran, sisa makanan termasuk lemak dan racun dalam usus dibersihkan oleh serat. Dengan menjadi vegetarian Anda tidak akan pernah kekurangan serat. Karena setiap makanan vegetarian mengandung serat. (Orang sering keliru, rasa urat ketika sedang mengunyah daging hewan itu disamakan dengan serat, padahal daging hewan tidak mengandung serat)

* Gizi. Yang dimaksud dengan gizi itu terdiri dari 5 unsur zat, asal dan fungsi mereka masing-masing sebagai berikut:

1. Karbohidrat lebih banyak dihasilkan dari padi-padian (antara lain:beras, ketan, gandum),                    umbi-umbian (antara lain: kentang, ubi, singkong).Fungsi karbohidrat : sumber energi utama,penghemat protein dan membantu pengeluaran fese.
2.  Mineral lebih banyak dihasilkan dari sayur-sayuran berwarna hijau (antara lain: bayam,kangkung,brokoli, daun sinkong).Fungsi mineral: Ikut membangun tulang, gigi, rambut, kuku,saraf, darah, dll. Menjaga kesimbangan asam basa dalam tubuh.
3.  Vitamin lebih banyak dihasilkan dari buah-buahan.Fungsi vitamin : Untuk memelihara kesehatan dan pertumbuhan yang normal. Umumnya semua reaksi kimia tubuh memerlukan vitamin.
4.  Protein banyak dihasilkan dari kacang-kacangan (antara lain: kacang kedelai, kacang panjang,                       kacang buncis, kacang polong).Fungsi protein: Untuk membangun dan mengganti sel yang rusak serta membangun kekebalan dalam tubuh.
5.  Lemak nabati lebih banyak dihasilkan dari kacang berkulit keras, kacang tanah, minyak goreng, kemiri, kenari, zaitun, alpokat, kacang kedelai.Fungsi lemak nabati: melarutkan vitamin A, D, E, K, sebagai sumber energi cadangan, struktur membran sel, procursor hormon dan modulator sistem imun. Jumlah yang harus dimakan per hari: Sekecil mungkin, karena tubuh kita hanya memerlukan lemak dalam jumlah yang sangat kecil, yaitu 3%-5% dalam kandungan darah kita.

Pola makan yang benar

Pola makan yang benar menurut PCRM (Physician Commitee for Responsible Medicine) adalah memakan jumlah porsi makanan per-hari sebagai berikut:

1. Karbohidrat                : 5 porsi

2. Mineral                        : 4 porsi

3. Vitamin                        : 3 porsi

4. Protein                         : 2 porsi

Jumlah masing-masing protein makanan tersebut diatas secara garis besar dijelaskan dalam tabel Ukuran Rumah Tangga (URT) atau berat per porsi sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s