Kacang Kedele, Bahan Makanan Kebanggaan Kaum Vegetaris


Tempe dibuat dari kacang kedele. Dengan demikian kacang kedele adalah makanan yang juga patut kita banggakan. Kacang kedele dikenal sebagai makanan yang terbaik kadar proteinnya, kandungan proteinnya dapat mencapai 35 % dari total berat bersihnya. Protein kacang kedele dapat disetarakan dengan dua kali protein daging, empat kali telur, empat kali gandum, lima atau enam kali roti, dan dua belas kali susu. Dari hasil penelitian juga diketahui ternyata protein kacang kedele bukan saja jumlahnya yang banyak, tetapi juga baik dari segi kualitasnya. Sebelumnya masyarakat awam mengenal bahwa protein hewani, seperti protein daging, susu dan telur, memiliki kwalitas yang lebih baik dibandingkan dengan protein nabati. Tetapi kini pendapat itu sudah usang. Protein nabati mendapatkan prioritas utama.

 
Dengan meneliti pasal makanan bergisi, anda dapat melihat daftar asam amino esensial kacang kedele ekstrak yang dibandingkan dengan daging sapi. Daftar tersebut menunjukkan bahwa protein kacang kedele bukan saja kualitasnya yang lebih baik dari daging sapi, tapi jumlahnya hampir dua kali lipat untuk masing-masing asam amino esensial. Sesuai dengan daftar tersebut , ternyata minyak kacang kedele dibandingkan dengan daging sapi, mempunyai kadar protein mentah melebihi dua kali lipatnya, empat kali lipat dalam arginine, delapan kali lipat dalam histidine, dua kali lipat dalam leucine, dan asam amino esensial lainnya.
 
Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah.
Sudah jelas diketahui bahwa makanan hewani menaikkan kolesterol darah, yang memungkinkan seseorang menderita berbagai jenis penyakit. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Pottenger, Jr. dan Dr. Krohn, menggunakan 122 sukarelawan untuk memakan makanan yang berkadar lemak tinggi, termasuk hati dan otak mentah, dimana keduanya sangat kaya akan kolesterol. 99 orang diantaranya mengkonsumsi satu sendok lecitin kacang kedele setiap kali makan, dan sisanya yang 23 orang lainnya, tidak. Hasilnya ? Kadar kolesterol dalam darah turun pada 79% dari sukarelawan yang mendapatkan lechitin kacang kedele, sedangkan sisanya tidak ada penurunan sama sekali! Minyak kacang kedelepun mengandung sitosterol, yaitu suatu persenyawaan yang juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s