Kecenderungan Positif Eropa Terhadap Masyarakat yang Vegetarian


Parlemen Eropa Secara Remi Menyerukan Pengurangan Daging

Pada bulan Februari 2009, 27 negara Parlemen Eropa secara resmi mengumumkan bahwa industri daging berkontribusi terhadap  pemanasan global dan perubahan iklim. Dalam resolusi yang diselenggarakan di Strasbourg, Prancis, dokumen setebal 80 halaman dengan judul  “2050 –  Masa Depan Dimulai Hari Ini (2050 – The Future Begins Today)” mengungkapkan tentang kontribusi industri peternakan terhadap emisi Gas Rumah Kaca.

Laporan penting ini dibuat berdasarkan rekomendasi dari Komite Sementara Parlemen Eropa tentang Perubahan Iklim yang dibentuk pada bulan Desember 2008. Rekomendasi ini memperkenalkan sejumlah amandemen yang sangat penting berdasarkan laporan Florenz mengenai isu kontribusi peternakan terhadap pemanasan global:

•     Bayangan Panjang Peternakan dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB melaporkan bahwa 18% dari seluruh emisi Gas Rumah Kaca  berasal dari industri peternakan adalah benar

•    Jumlah komsumsi daging  perlu dikurangi, terutama di negara-negara industri

•    Mengurangi produksi daging dan produk susu akan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca

•    Menanam biji-bijian dan kedelai untuk makanan ternak menyumbang emisi gas rumah kaca sangat besar

•    Metana dan dinitrogen oksida dari pertanian harus dikurangi

•    Beralih dari produksi peternakan yang intensif karbon ke solusi yang lebih berkelanjutan

•    Pengurangan subsidi bagi industri peternakan untuk mengekang pelepasan gas metana

Laporan itu juga menyimpulkan pentingnya perlakuan yang baik terhadap hewan-hewan kita:

•    Ketika pemberian makan dan pemeliharaan ternak menyebabkan perubahan iklim maka suatu pengawasan harus dilakukan dan kita juga tidak seharusnya mengizinkan hal itu karena dapat memberikan dampak yang merugikan bagi kesehatan dan kesejahteraan hewan.

 

Blog Jens Holm yang merinci laporan Komite Perubahan Iklim Eropa:
http://www.jensholm.se/2009/02/06/climate-resolution-targets-livestock-production/
Ringkasan Laporan Florenz dari situs ‘Cinta Kasih dalam Pertanian Dunia (Compassion in World Farming)’
http://www.ciwf.org.uk/news/factory_farming/eu_florenz_report_on_climate_change.aspx

 

Memberi Makan Dunia di Bawah Ancaman Iklim?

Jens Holm

Pada bulan November 2008, Parlemen Eropa mendiskusikan dampak dari daging terhadap perubahan iklim, kelaparan dunia, dan hak asasi hewan. Tuan rumah  konferensi tersebut adalah Anggota Parlemen Eropa dari Swedia, Jens Holm yang menyatakan, “Pengaruh terkuat yang dapat Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi daging atau berhenti makan daging sama sekali. Kita dapat menghasilkan panen yang berlimpah untuk diberikan kepada  orang-orang yang sekarang ini sedang kelaparan… tetapi subsidi Eropa sebaliknya diberikan untuk iklan kampanye konsumsi daging. Kita seharusnya melakukan kampanye untuk menyadarkan tentang manfaat konsumsi vegetarian, karena itu adalah solusinya.”

Wawancara Jens Holm dengan Supreme Master Television http://www.suprememastertv.com/bbs/board.php?bo_table=featured&wr_id=222
Situs European United Left/Nordic Green Left: http://www.guengl.eu/showPage.jsp?ID=6787&LANG=1

 

Penasihat Iklim Inggris: Kurangi Makan Daging

Pada bulan Desember 2008, Komite Iklim Pemerintah Inggris untuk Perubahan Iklim juga mengimbau penduduk Inggris untuk membantu pengendalian pemanasan global dengan mengurangi makan daging yang sangat intensif karbon.

http://www.guardian.co.uk/environment/2008/dec/01/carbon-emissions-climate-change-report

 

Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris Mendukung Vegetarisme

David Nicholson

Pada bulan Januari, Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris menyatakan rencananya untuk “Menghemat Karbon, Meningkatan Kesehatan” untuk menjadi salah satu pemimpin di negara itu dalam mengurangi perubahan iklim. Salah satu cara untuk mengurangi jejak karbonnya yaitu dengan menawarkan menu tanpa daging kepada pasien-pasiennya dan juga dengan menambah buah-buahan serta sayur-sayuran yang tumbuh di daerah itu. Ketua eksekutif NHS, David Nicholson, mengatakan: “Sebagai pekerja sektor publik terbesar di negara ini, NHS perlu memimpin dengan memberi contoh. Saya ingin mendorong staf NHS untuk benar-benar terlibat dan mengerjakan bagian mereka untuk menciptakan NHS yang lebih hijau.

Artikel dari Guardian Inggris: http://www.guardian.co.uk/society/2009/jan/26/hospitals-nhs-meat-carbon
Rencana: http://www.sdu.nhs.uk/page.php?area_id=2

 


Pemerintah Jerman Mendesak Masyarakat untuk Mengubah Pola Makan

Andreas Troge

Juga di bulan Januari, Andreas Troge, Presiden UBA Agen Lingkungan Federal Jerman mengatakan,  “Kita harus meninjau kembali tentang konsumsi daging kita yang tinggi.” Menurut Agen Lingkungan Federal, peternakan bertanggung jawab terhadap sekitar 15 persen emisi gas rumah kaca di negara itu, termasuk metana dan dinitrogen oksida yang berbahaya, dan karena itu ia menyarankan rakyat Jerman untuk makan daging hanya pada kesempatan khusus saja. Juru bicara salah satu asosiasi vegetarian Jerman, Hilmar Steppat sangat gembira setelah mendengar berita itu: “Sungguh hal yang baik dimana para politisi pada akhirnya menyadari kenyataan bahwa daging yang kita makan itu tidak berkelanjutan.”

http://www.guardian.co.uk/world/2009/jan/23/german-diet-meat-environment

Angkat topi bagi pemerintah dan perwakilan Eropa yang saat ini mendukung cara hidup yang lebih berkelanjutan melalui pengurangan makan daging. Oleh karena mendesaknya perubahan iklim dan banyaknya bencana iklim yang terjadi di dunia kita saat ini, kami mengharapkan kecenderungan ini dipercepat bukan hanya di Uni Eropa tapi di seluruh pelosok dunia, dan semoga hal itu akan mempercepat peralihan dunia menuju pola makan nabati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s