Atlet NBA All-Star James Donaldson


vg2-5-201Baru-baru ini, mantan atlet NBA All-Star James Donaldson diwawancara oleh Supreme Master Television untuk acara “Tokoh Vegetarian”. Atlet bertinggi badan 7 kaki 2 inci atau 2,15 m ini berbagi pengalamannya bervegetarian selama 20 tahun, “Saya bervegetarian untuk berbagai alasan. Pertama saya penyayang hewan dan saya menghormati kehidupan mereka. Kedua: Saya peduli dengan lingkungan saya, ternak mencemari makanan dan membuat polusi udara serta lingkungan; saya tidak mau mendukungnya lagi. Ketiga: manfaat kesehatan. Saya membaca dan mempelajarinya. Saya berpendapat bahwa itu adalah cara yang lebih sehat untuk hidup. Itu adalah cara yang bersih bagi sistem tubuh untuk memproses makanan yang Anda makan. Dan keempat, filosofi, itu adalah penghormatan terhadap semua makhluk hidup, yaitu manusia dan hewan yang layak untuk dihormati.”

James terkenal sebagai olahragawan “manusia besi” karena ia jarang kalah bermain selama 20 tahun berkarir, ini sangat mengagumkan karena basket adalah olahraga yang sangat membutuhkan kekuatan fisik. Ia bahkan termasuk dalam 10 pemain basket terbaik yang terus bermain tanpa lelah dalam suatu permaian. James berkata, “Saya kuat hanya karena vegetarisme, karena saya merawat diri saya.” Pola makannya yang berbasis tumbuh-tumbuhan justru mendukung permainannya yang kemudian memuncak di tahun 1988 ketika ia menjadi seorang pemain terpilih All-Star, dan timnya Dallas Mavericks, masuk ke Pertandingan Final NBA.

Karir James pernah terancam ketika lututnya cedera, tapi ia cepat pulih dan kuat karena kesehatannya yang prima. Cedera lututnya mengilhami James untuk membuka “Donaldson Fitness & Physical Therapy” yang kini beroperasi di tiga daerah Seattle. Selagi memberikan nasihat tentang bagaimana meningkatkan kesehatan seseorang secara menyeluruh, Bpk. Donaldson menyaran kepada para atlet vegetarian agar mengonsumsi makanan yang bernutrisi cukup dan seimbang supaya energi yang tinggi tetap terjaga. Ia juga ingin mengajari orang banyak tentang dampak berbahaya dari makan daging, yang bahayanya sama seperti minum alkohol dan merokok. Gaya hidup pilihannya memberikan suatu teladan yang mengagumkan bagi semua orang. Katanya, “Sekarang saya berusia 50 tahun, tapi saya tetap kuat dan bisa berlatih lima jam setiap hari, saya tidur enam jam supaya bisa menikmati hari yang panjang dan merasa bahagia di setiap detiknya.

Tren vegetarian berkembang semakin luas dimana orang-orang di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mengonsumsi makanan di rantai makanan yang lebih rendah dapat membantu secara global, dapat memelihara kelangsungan planet kita. Bpk. Donaldson berkata: “Saya pikir kini lebih dan lebih banyak orang lagi yang menyadarinya. Pemanasan Global benar-benar suatu masalah yang besar, dan orang-orang sekarang mengetahui ini benar-benar terjadi. Hewan-hewan kita terancam, pertanian kita terancam, dan pola cuaca kita berubah. Orang-orang akhirnya memperhatikan. Dan kita dapat membantu dengan menjadi vegetarian dan mengganti banyak hal baik ke alam🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s