Mengapa Minum Air Begitu Penting?


Sejak kecil kita diajarkan untuk meminum air yang banyak untuk menjaga kesehatan kita. banyak pakar yang merekomendasikan 8-10 gelas air per harinya. namun mengapa air putih begitu pentingnya? Apa kontribusi air yang tidak kita dapatkan lewat jus, minuman soda,teh atau minuman lainnya? berikut ini adalah beberapa alasan penting untuk meminum air:

1. Tubuh kita terbentuk dari air

sekitar 60-70% tubuh kita terdiri  dari air. Demikian juga darah, otot, jaringan dan bagian-bagian tubuh kita, pada dasarnya terdiri dari air. Dikarenakan komponen utama tubuh kita adalah air, maka sangatlah logis untuk membekali tubuh kita dengan air yang cukup agar tubuh bekerja dengan baik.

2. Minuman lain bukanlah pelepas dahaga

Minuman berkafein, terutama soda, sebenarnya membuat kita semakin haus. Ini karenakan peranan kafein sebagai diuretik yang menyebabkan penghasilan urin semakin banyak sehingga kita merasa semakin cepat dehidrasi. Siongkatnya, soda dan minuman lain tidak dapat mendahagakan tubuh seperti layaknya air. Ini bukan berarti  bahwa kita berhenti meminum minuman lain secara total, tetapi ditekankan bahwa minuman lain tidak dapat dijadikan sebagai pengganti kebutuhan air harian.

3. Kekurangan air menyebabkan kelelahan

Dehidrasi adalah penyebab utama dari kelelahan yang berlebihan. Jika kita tidak meminum air yang cukup, maka akan menyebabkan kelelahan berkepanjangan, tidak bertenaga dalam beraktivitas, dan lelah seharian. Jangan bergantung pada minuman kafein untuk meningkatkan energi, tetapi minumlah air putih sesuai anjuran yakni 8-10 gelas perhari.

4. Air sangat penting untuk pencernaan yang baik.

Ingatlah bahwa di awal cerita kita mengungkapkan bahwa air adalah komponen terbesar didalam tubuh sehingga air sangat penting untuk membantu aktivitas tubuh. Hal ini juga berdampak pada pencernaan. Kekurangan air menyebabkan tubuh sulit untuk memecah enzim makanan dan kesulitan pencernaan akan berakibat pada kontipasi hingga penyakit pencernaan yang berbahaya.

5. Air membantu melancarkan aliran darah

Air adalah komposisi penting untuk melancarkan aliraqn darah dalam tubuh. Dengan meminum banyak air, tingkat oksigen dalam sel darah juga meningkat sehingga sirkulasi menjadi lancar dan akan meningkatkan kesehatan tubuh. Aliran darah yang lancar juga membantu meningkatkan energi dan membakar lebih banyak lemak.

6. Racun dapat dikeluarkan dengan air

Ginjal berfungsi sebagai penyaring. Hanya saja ginjal memerlukan pasokan ait yang cukup untuk dapat bekerja secara utuh. Dengan meminum 8-10 gelas perhari akan membantu mengefektifkan kerja ginjal dan tubuh dapat mengeluarkan racun berbahaya dalam saluran pencernaan kita.

7. Air membantu membakar lemak

Meminum air dapat membantu kita tetap langsing dengan beberapa cara. Pertama , kekurangan air dapat memperlambatkan sintesa protein ( pembentukan otot dalam tubuh). Jadi jika ingin membakar lemak dan menambah otot, tubuh kita harus senantiasa dipenuhi cairan. Cairan tubuh yang cukup juga dapat menghindarkan kita dari kenaikan berat badan berlebih dikarenakan nafsu makan berlebih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s