Sisi Khasiat Kopi


Banyak yang memiliki pandangan dan persepsi negatif terhadap kopi menyusul efek yang mereka alami setelah meminum kopi. Bahkan, ada juga yang terus memadamkan kopi dari daftar minuman harian mereka. Mungkin mereka tidak mengetahui khasiat kopi yang hakikatnya memberi banyak manfaat kepada tubuh manusia. Saya juga percaya bahwa banyak lagi masyarakat kita yang masih masih memiliki pandangan dan tanggapan yang negatif terhadap kopi.

Satu pernyataan di sebuah situs kesehatan yaitu situs Coffee & Health oleh Institut for Scientific Information of Coffee (ISIC) mengenai penelitian terbaru yang membuktikan keterkaitan antara konsumsi kopi dan gangguan neurodegeneratif seperti penurunan kognitif, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan stroke. Neuodegeneratif merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan degenarasi progresif dan / atau kematian sel-sel saraf. Gangguan neurodegeneratif ini menyebabkan masalah pergerakan (ataxias) atau fungsi mental (dementias).

Ini juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian epidemiologi. Situs resmi World Health Organization (WHO) menentukan studi epidemiologi sebagai kajian distribusi terkait aktivitas kesehatan dan aplikasi penelitian tersebut terhadap kontrol penyakit dan masalah kesehatan yang lain. Penelitian ini membuktikan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah yang sederhana sebenarnya telah memberi manfaat terhadap kemampuan kognitif saat usia semakin meningkat. Penelitian ini juga membuktikan efek konsumsi kopi dapat memperlambat penurunan fisiologis dan kognitif terutama dalam kalangan wanita dan mereka yang berumur lebih 80 tahun.

Kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi dan mulai diperkenalkan oleh orang-orang Romawi dan Yunani awal abad ke-13. Karena konten kafeinnya, kopi memiliki efek rangsangan kepada mereka yang meminumnya dan hari ini kopi merupakan satu minuman paling digemari di seluruh dunia dan tersedia dalam berbagai perisa seperti Latte, Americano, Cappucino dan Espresso.

Kini ada juga berbagai jenis minuman kesehatan berbasis kopi yang tersedia di pasar seperti Kopi Herbal dan produk HPA Kopi Radix. Kopi Herbal sangat berkhasiat terutama untuk pasien-pasien kencing manis, darah tinggi, batu ginjal, migrain, gout, maag, asthma dan sembelit. Bahkan, kopi ini juga bisa membantu mengurangi angin dalam badan seperti yang diungkapkan di situs resmi Kopi Herbal.

Konsumsi kopi dalam penilaian yang sedehana tidak akan membahayakan kesehatan bahkan akan memberi banyak manfaat kepada kesehatan manusia meski konsumsinya bisa menyebabkan ketagihan. Satu penelitian saintifk tentang efek konsumsi kopi menunjukkan bahwa risiko penyakit diabetes tipe dua adalah lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Kajian saitifik juga membuktikan bahwa selain meningkatkan fungsi kognitif, kopi bisa mengurangi risiko batu ginjal, kanker kolon dan kerusakan hati. Bahkan, kopi juga terbukti mampu meningkatkan kinerja dan ketahanan manusia dalam aktivitas fisik. Bagi mereka yang sering berjaga sampai larut malam pula (stayed up), mereka akan lebih segar setelah meminum kopi.

Bagi penderita jantung, diabetes, dan darah tinggi, konsumsi kopi tidak akan memberi efek negatif terhadap kesehatan mereka. Namun begitu, efek konsumsi kopi yang positif hanya terjadi jika seseorang meminum kopi dalam jumlah yang sederhana dalam sehari. Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi tidak memiliki efek kardiovaskular seperti peningkatan tingkat denyut jantung, tingkat detak jantung yang tidak stabil dan tekanan darah yang tinggi. Bahkan, risiko penyakit kardiovaskular adalah 10 persen lebih rendah.

Seorang pasien darah tinggi, Sarmiah Asun berkata, “Konten gula dalam darah saya selalu berada pada tingkat yang stabil meskipun saya masih minum kopi. Malah, saya juga tidak mengalami efek negatif konsumsi kopi seperti pening dan letih sepanjang masa. Namun begitu, saya hanya meminum kopi tanpa gula untuk satu sampai dua cangkir dalam sehari 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s