Vegetarian Perlukah Gizi lebih ? Perlukah Suplemen ?


4-nabatiPertanyaan:

Sebagai vegetarian, apakah kita perlu mengkonsumsi berbagai vitamin, karbohidrat, protein dll, dalam jumlah yang lebih banyak? Berapa gramkah sehari? Bagaimana mengatur keseimbangan makanan vegetarian ?

Jawab

Kebutuhan berbagai unsur gizi yang diperlukan tubuh harus dipenuhi dalam keadaan cukup untuk kelancaran proses metabolisme tubuh. Satu saja yang kurang akan menyebabkan gangguan proses tersebut. Hal ini berlaku baik bagi yang veg­etarian maupun yang non vegetarian. Kebutuhan gizi yang dianjurkan untuk mempertahankan kesehatan dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Jumlah kebutuhan ini tentu saja berlaku bagi orang yang sehat. Bagi penderita penyakit tertentu, jumlah kebutuhan gizi akan berbeda. Baik yang bervegetaris maupun yang tidak bervegetaris, jumlah zat gizi yang dibutuhkan adalah sama. Jadi sebagai veg­etarian, Saudara tak perlu mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak. Yang menjadi masalah adalah berapa jumlah makanan yang harus kita makan agar semua unsur zat gizi dapat terpenuhi. Di sinilah kita perlu mengatur keseimbangan makanan yang kita makan sehingga jumlah zat gizi yang satu tidak kurang atau melebihi yang lain.

Keseimbangan makanan yang kita makan ibarat sebuah piramida (lihat gambar). Sebagai dasar piramid adalah kelompok makanan palawija, padi-padian, sereal. Kelompok ini terutama sebagai sumber kalori. Kelompok di atasnya adalah kelompok sayur-sayuran dan buah-buahan. Kelompok kedua ini terutama sebagai sumber vitamin dan mineral. Kelompok pal­ing atas adalah kelompok lauk pauk (tahu, tempe, kacang-kacangan, telur) dan susu. Kelompok ini terutama mengandung protein dan lemak. Sesuai dengan gambaran piramida ini, kelompok pada dasar piramida dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibanding kelompok di atasnya. Semakin ke puncak, jumlah yang kita makan semakin sedikit. Dengan gambaran ini, mudah-mudahan Saudara dapat menyusun menu yang seimbang dan sehat.

Tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2004 bagi orang Indonesia

Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah kebutuhan tubuh secara umum untuk rata-rata orang Indonesia.  Angka kecukupan gizi bukan merupakan angka yang tepat untuk setiap orang, karena kebutuhan tubuh seseorang juga dipengaruhi jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas fisik dan stres.

Tabel angka kecukupan gizi bagi orang Indonesia yang dikeluarkan pada tahun 2004, dengan pembagian untuk Anak, Laki-laki, Wanita, Hamil, dan Menyusui. Angka ini untuk remaja dan dewasa berkisar diangka 2000 Kkal.

Berikut ini kebutuhan energi dalam satuan Kkal (berat dan tinggi menyesuaikan)
Anak:
0 – 6 bl, 550
7 – 12 bl, 650
1 – 3 th, 1000
4 – 6 th, 1550
7 – 9 th, 1800

Laki-laki:
10 – 12 th, 2050
13 – 15 th, 2400
16 – 18 th, 2600
19 – 29 th, 2550
30 – 49 th, 2350
50 – 64 th, 2250
60+ th, 2050

Wanita:
10 – 12 th, 2050
13 – 15 th, 2350
16 – 18 th, 2200
19 – 29 th, 1900
30 – 49 th, 1800
50 – 64 th, 1750
60+ th, 1600

Hamil:
Trimester 1, +180
Trimester 2, +300
Trimester 3, +300

Menyusui:
6 bl 1, +500
6 bl 2, +550

Untuk kondisi normal, kebutuhan Vitamin C angkanya hanya 90mg, kebutuhan tertinggi saat menyusui (+45 mg). Mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan tidak ada gunanya bagi tubuh kita, kelebihan ini akan dibuang lewat air seni 🙂

 

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    st said,

    Saya sangat tertarik dengan pola vegetarian, kebetulan sy menderita tyroid dan miom. Sy sdh cb menjadi vegetarian namun skr gagal krn hb sy rendah (d bwh 5) dan sy ktakutan. Terlebih sy ingin miom sy mengecil alami tampa oprasi, jd serba salah. Kacang2 an mentah spt walnut, hazelnut, pitachio, sunflower seed, almond sdh sy tinggalkan krn sy tkt itu memperbesar miom saya. Mhn saran bpk sayuran dan jus atau menu spt apa yg baik buat sy dan penyakit saya. Terima kasih

    • 2

      atung_wisnu said,

      makanan sayur tidak bisa menurunkan HB, mungkin pola makan yang salah sehingga bisa menyebabkan HB turun.untuk naikkan HB kamu coba minum jus jambu biji merah, bit, sari kurma, atau vitamin spiriluna.kamu juga bisa minum air perasan jeruk nipis 2 atau jeruk lemon 1 biji setiap hari ya sebelum sarapan tapi minum air putih hangat dulu sebelumnya. semoga bermanfaat.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s