Asupan Penting Agar Tak Mudah Sakit


ONSihYT9hkTETAP sehat di tengah terpaan cuaca ekstrem merupakan keinginan semua orang. Namun, bagaimana cara sederhana yang bisa dilakukan?

Untuk memiliki tubuh yang sehat, selain melakukan olahraga dan pola hidup sehat, cara terbaik yang perlu dilakukan ialah dengan mengonsumsi asupan mineral yang cukup. Pasalnya, jenis-jenis kandungan mineral sangat vital untuk menopang aktifitas seseorang, yakni menguatkan tulang untuk aktivitas fisik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar penyakit.

Berikut beberapa manfaat lain dari setiap jenis asupan mineral sekaligus sumber makanannya, di antaranya sebagai berikut :

Asupan zat besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang lemas, lesu, pusing dan metabolisme ( penyerapan nutrisi) terhambat. Bila Anda mempunyai konsumsi zat besi yang cukup, sistem kekebalan tubuh Anda selalu berkerja, hingga ampuh menangkis berbagai penyakit yang datang. Sumber makanan untuk menunjang manfaat ini bisa didapatkan dari daging merah, ikan, unggas, kerang, kuning telur, kacang-kacangan, buah-buahan kering dan sayuran hijau.

Asupan kalsium

Kalsium sangat berguna untuk menjaga kekuatan tulang seseorang, membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh, mengatur tekanan darah dan fungsi otot dan hormonal seseorang. Untuk mendapatkan khasiat ini Anda cukup mengonsumsi kangkung, bayam, susu dan produk olahannya.

Asupan magnesium

Asupan magnesium sangat penting untuk menunjang aktvitas fisik seseorang. Pasalnya, mineral jenis ini dapat membangun tulang yang kuat, mengkontraksi otot-otot tubuh bergerak dan mobile sesuai dengan keinginan pikiran Anda. Sebaliknya, bila kekurangan magnesium Anda dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, jantung berdebar-debar dan kram otot. Namun, tidak perlu cemas bila sudah mengalaminya, asal Anda kerap mengonsumsi selada, bayam, kacang hijau, daging dan kacang merah keluhan itu perlahan hilang.

Asupan kalium

Kalium sangat dibutuhkan tubuh, dimana manfaatnya dapat mengatur tekanan darah, mempermudah penyerapan protein,  menjaga keseimbangan pH darah dan mendukung masa pertumbuhan seseorang dengan baik. Untuk memenuhi asupan tersebut, konsumsilah daging sapi, ikan, kismis, pisang, melon, kentang dan tomat.

Asupan Zinc

Jenis mineral ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. Zinc merupakan kumpulan antioksidan yang jitu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi daging sapi, ayam, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk olahan susu untuk mendapatkan kecukupan zinc. Demikian seperti dilansir Boldsky🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s