Dari Seminar Awet Muda dan Bugar Dengan Diet Vegan


422917_201007936672971_200843566689408_358824_1547435911_nIbu Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, Dosen Gizi Poltekkes Kementerian Kesehatan RI, seolah menghipnotis peserta IVS & VSI Gathering pada Sabtu 25 Febuary 2012 lalu di House of Peace Vegetarian Cafe. Bagaimana tidak, melihat sosok Ibu dari 4 orang anak yang telah menjadi seorang vegetarian sejak 30 tahun lalu ini, seolah menjadi jawaban paling tepat tema gathering, Awet Muda dan Bugar dengan Diet Vegan. Beliau meyakinkan para peserta gathering bahwa menjadi seorang pelaku vegan sekalipun tidak akan menghambat pembentukan otot kita, bahkan Ibu Rita memaparkan data-data ilmiah perbandingan kandungan Branch Chain Amino Acids(BCAA = asam amino yang berfungsi untuk menjaga massa otot) yang biasa dikonsumsi oleh kaum fitness dari susu dan putih telur, ternyata bisa juga didapatkan dari kacang kedelai dan kacang hijau dengan kandungan yang hampir sama banyaknya. Whey Protein yang banyak dikonsumsi kaum fitnesspun kini bisa digantikan dengan Soy Protein yang berbasis kacang kedelai. Dengan fungsi dan kehebatan yang sama pastinya!

Tidak menyantap dada ayam yang merupakan menu utama kaum fitness ternyata bukan halangan berarti bagi Ibu Rita untuk menjadi lulusan terbaik dalam menempuh pendidikan instruktur fitnessnya. Hingga kini Ibu Rita aktif dengan segudang ilmu dan pengalaman yang menjadi bukti nyata seberapa besar eksistensi Ibu Rita dalam dunia nutrisi. Bukan karena Ibu Rita sendiri vegetarian, tetapi karena pola makan nabati dapat dibuktikan sangat baik bagi tubuh kita. Setiap dari kita yang telah memilih pola makan vegan, pastinya semakin hari semakin sulit untuk menemukan alasan untuk berhenti dan beralih dari pola makan berbasis nabati ini. eperti halnya pernyataan Bapak Kedokteran kita, Hippocrates, “Jadikanlah makananmu sebagai obatmu”, ternyata pola makan berbasis nabati juga mampu menjadi anti aging atau anti penuaan dini bagi kita kaum vegan. dr. Novie Lim yang tergabung dalam VSI & IVS Medical Group sekaligus Research & Scientific Support PT. Indocare Citrapacific malam itu menjelaskan bagaimana anti oksidan dalam asupan makanan alami seperti sayur dan buah tidak diragukan lagi merupakan kunci sukses awet muda! Decak kagum sontak terdengar di penjuru House of Peace saat dr. Novie Lim menampilkan para kaum Vegan yang bukan hanya bugar tetapi juga awet muda.

Bukan hanya mereka yang mampu mengeluarkan ratusan bahkan jutaan uang untuk berbagai produk perawatan, tetapi hanya dengan ribuan rupiah dari sayur dan buah, kita dapat hidup bugar dan awet muda! Hidup sayur dan buah! Hidup anti-oksidan!

Sebagai penutup, DR Susianto, selaku President Vegan Society of Indonesia menyampaikan untuk ke depan diharapkan acara-acara gathering dapat diisi dengan ulasan atau sharing dari aspek etika, sebagai dasar filosofi dasar dari vegetarian dan vegan. Adalah penting menaruh empati terhadap hak hidup hewan, hak untuk tidak disakiti, hingga semua makhluk layak menikmati hidup mereka.

Go vegan! Save Our Lives, Save Our Planet🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s