Tempe dan Vitamin B12


vit B12Pertanyaan Astrawinata:
Bagaimana seorang vegan dapat memnuhi kebutuhan harian vitamin B12 nya tanpa suplemen? Karena setahu saya vitamin B-12 dari tempe, gigi kita dan sumber nabati lain hanya bersifat isomer (mirip bentuknya) dan bukan vitamin B12 yang sesungguhnya.
Sementara vitamin B12 yang diproduksi di usus tidak bisa dipakai tubuh karena untuk menyerap vit.B12 diperlukan faktor intrinsik dari lambung dulu. Kalau sudah di usus vit.B12 tanpa faktor intrinsik tidak akan diserap.

Ahli Gizi Dr.Susianto,MKM menjawab :
Hasil penelitian saya tentang B12 tempe di gizi UI dapat mempertahankan kadar B12 serum darah setelah intervensi 3 bulan dan retensi 3 bulan. Jika tidak suka makan tempe, bisa konsumsi makanan fortifikasi B12 seperti susu soya, sereal, dll.

(Liliyana)
Ketika mengandung anak kedua, saya pernah bertanya kepada dokter kandungan, apakah saya rentan kekurangan vitamin B12 sehingga perlu mengkonsumsi supplemen vitamin B12?. Dokter saya menjawab,”Justru sebagai vegatarian (saya vegan) anda tidak akan kekuarangan vitamin B12.”. Dari jawaban dokter ini dapat kita simpulkan bahwa dengan banyaknya mengkonsumsi makanan nabati kita justru tidak akan kekurangan vitamin B 12. (catatan: dokter saya ini bukanlah seorang vegetarian dan boleh dikatakan tidak menyetujui orang hamil untuk vegetarian, seperti yang pernah saya ceritakan di artikel
http://newvegeplanet.blogspot.com/2010/04/diary-seorang-ibu-vegetarian🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s