Seminar Pro dan Kontra Vegetarian di Kemenkes


wpid-IMG-20130524-WA0008Serangkaian dengan Hari Gizi Nasional 2012, Kementerian Kesehatan dan Persagi bekerja sama dengan IVS-VSI mengadakan Seminar Pro dan Kontra Vegetarian pada tanggal 25 February 2012 dengan tema,”Bagaimana Mutu Makanan Vegetarian, Apakah Dapat Mengendalikan Penyakit Degeneratif atau Sebaliknya Menjadi Vegetarian akan Kekurangan Berbagai Zat Gizi”

DR. Minarto, MPS selaku Direktur Bina Gizi Masyarakat Kemenkes dan Ketua Umum Persagi dalam kata sambutannya menyampaikan,”Persatuan Ahli Gizi dan Direktorat Bina Gizi Masyarakat Kemenkes akan menerbitkan Pernyataan Sikap (Position Statement) untuk mendukung gizi dan kesehatan gizi vegetarian/vegan seperti Journal Position Statement yang sudah diterbitkan oleh American Dietetic Association di America dan Canada sejak 1997, 2003, 2009.

Hadir 3 pembicara dalam seminar ini, sesi pertama dibawakan oleh DR. Susianto (President Vegan Society of Indonesia). Memaparkan Mutu Gizi Vegetarian, salah satu informasi mendasar yang ditekankan beliau,”Efisiensi Rasio Protein, yang selama ini digunakan ternyata tidak mengacu pola kebutuhan manusia karena penelitiannya menggunakan tikus yang tentu saja rasio kebutuhan asam aminonya berbeda dengan manusia, dan sekarang acuan baru telah dikeluarkan oleh WHO” Semua ini mematahkan isu lama bahwa protein hewani lebih unggul dari protein nabati. Ulasan-ulasan berbasis ilmiah lainnya juga dipaparkan dalam forum ini semakin memperjelas vegetarian/vegan adalah pola diet yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Sesi kedua tidak kalah menariknya disampaikan oleh Rita Ramayulis, DCN,M.Kes. Instruktur Fitnes Depkes dan Dosen Gizi Poltekkes Kementerian Kesehatan RI). Bu Rita memulai paparannya dengan isu yang banyak menjadi pertanyaan banyak kalangan, “Apakah vegetarian dapat mengatasi penyakit degeneratif?” Semua terjawab dengan gamblang dengan merujuk dari data-data penelitian bahwa non vegetarian bahkan berada pada area berisiko tinggi defisiensi nutrisi dan menderita penyakit degeneratif dibanding kelompok vegetarian. Data dari National Cancer Institut bahwa konsumsi daging dengan frekuensi lebih dari 4 kali seminggu tingkatkan resiko kanker lambung sebesar 2 kali.

Sesi terakhir disampaikan oleh Nufri Afriansyah, MSc dari Pusat Teknologi dan Epidemiologi Klinik. Mengangkat topik,”Vegetarian Menurut Gizi Seimbang: Benarkah Rentan Kekurangan Gizi?’

Beliau mengakui isu-isu kontra tentang vegetarian, kini telah ditinggalkan karena bukti-bukti penelitian menunjukkan pelaku vegetarian/vegan yang terencana dengan baik dapat terhindar dari resiko kekurangan gizi. Namun beliau juga menekankan, khususnya bagi pelaku vegan untuk memperhatikan tiga unsur gizi yang asupannya relatif minim pada diet vegan yakni: Vitamin B12, Vitamin D dan Kalsium. Vitamin B12 dapat diperoleh dari tempe atau makanan/ minuman yang difortifikasi B12, lalu vitamin D khusus untuk daerah yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari. Lalu kalsium, dapat dengan mudah dipenuhi asal mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan produk kedelai seperti tahu dan tempe. Salah satu bagian tidak kalah menarik dari ulasan beliau adalah panduan Makan Seimbang yang Sehat dengan nama My Healthy Plate yang dikeluarkan oleh Harvard University ternyata bahkan berbeda dengan panduan yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika sendiri- My Plate (tanpa kata healthy). Harvard tidak menyertakan susu melainkan menggantinya dengan air putih.

Memasuki sesi tanya jawab, seminar yang dihadiri sekitar 380 peserta terlihat sangat antusias, ini terlihat dari jumlah penanya dari tiap termin kesempatan bertanya yang diberi. Ada yang kontra ada yang pro, namun penjelasan-penjelasan yang merujuk pada bukti ilmiah menjernihkan keragu-raguan atau bahkan penolakan yang ada sehingga yang pro semakin mantap dan yang kontra dapat menerima data terbaru yang dipaparkan oleh masing-masing narasumber🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s