Inilah Manfaat Kesehatan dari Kacang-kacangan


Kacang-kacangan adalah jenis sayuran yang mencakup kacang buncis, kacang polong, kacang tanah dan kacang lentil. Makanan ini merupakan makanan yang paling fleksibel dan sangat bergizi.

Selain sebagai sumber protein yang baik, kacang-kacangan juga bisa menjadi pengganti yang sehat untuk daging, dan diketahui mengandung lebih banyak lemak sehat. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, kacang-kacangan juga memiliki banyak manfaat kesehatan berikut ini, seperti dikutip Zeenews.com:

  • Kacang-kacangan adalah sumber utama karbohidrat berindeks rendah-glikemik, esensial mikronutrien, serat, asam folat, kalsium, besi, kalium, seng, dan antioksidan.
  • Kacang-kacangan mengandung tinggi akan serat larut, dan menambahkan makanan kacang yang dimasak untuk program diet harian Anda dapat menurunkan kolesterol darah sebanyak 18 persen, serta mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Memilih kacang-kacangan sebagai pengganti untuk makanan tinggi lemak jenuh atau karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes mellitus tipe 2.
  • Kacang-kacangan kaya akan sejumlah senyawa yang berpotensi mengurangi risiko beberapa jenis kanker.
  • Dalam kacang buncis juga terkandung prebiotik, yang dapat membantu dalam pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam usus.
  • Semua kacang-kacangan, terutama kedelai, merupakan makanan penting dalam diet vegetarian untuk kandungan tinggi akan protein.

Yuk, mulai rajin konsumsi kacang-kacangan dari sekarang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s