Ternyata Tempe Makanan Mewah di Luar Negeri


TempeOrang Jawa bawa dan memperkenalkan pembuatan tempe ke Amerika, Australia dan Belanda.

JAKARTA, – Langkanya kedelai di Indonesia saat ini disebabkan ketergantungan Indonesia dengan kedelai impor yang lebih murah dari kedelai lokal. Alhasil, belakangan ini, harga tempe, yang bahan bakunya adalah kedelai, menjadi mahal.

Pemerhati tempe dari Inggris, Jonathan Agranoff mengatakan, tempe adalah makanan yang sangat unik, tak ubahnya seperti keju yang dibuat di Prancis. Bahkan, di Amerika Serikat dan Australia, tempe adalah makanan yang sangat mewah, karena sulit dibuat.

“Tempe dikenal di luar negeri karena dibawa oleh orang Jawa. Orang Jawa bawa dan memperkenalkan pembuatan tempe ke Amerika, Australia dan Belanda,” ujar dia di Jakarta, Sabtu (28/7).

Dia mengatakan, tempe adalah makanan yang sehat yang dikomsumsi kalangan vegetarian atau orang yang tidak pemakan daging. “Makanan Tempe di Amerika dipatenkan. Bahkan, di Jepang harga tempe lebih mahal dari pada daging dan mereka mematenkan tempe mereka.”

Jonathan pun mengingatkan pemerintah Indonesia untuk serius melihat makanan tempe bukan sekedar makanan ala kadarny. Kalau perlu, kata dia, tempe baiknya dipatenkan juga. “Jangan sampai nanti negara lain mematenkan tempe adalah buatan negara lain, padahal sejarahnya adalah asli makanan Indonesia.”

Bahkan, katanya, tempe adalah diketahui lebih cepat memulihkan diare dan memulihkan kekurangan gizi pada balita. “Justru asam amino atau protein di dalam tempe juga lebih unggul penyerapannya daripada kedelai. Dan itu semua proses kecanggihan, dan proses fragmentasi,” terang Jonathan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s