Menjadi Vegetarian Tanpa Kekurangan Gizi


 

ASMemilih menjadi vegetarian murni atau vegan perlu dibarengi usaha lebih giat memenuhi asupan gizi. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan komposisi nutrisi seimbang, yaitu karbohidrat (50-60 persen), protein (15-20 persen), lemak (30 persen), serta vitamin.

Karena hanya mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan, penganut vegan sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani maupun turunannya, termasuk gelatin, keju, dan yogurt. Mereka juga menghindari madu, royal-jeli, dan produk turunan serangga. Bahkan sebagian penganut vegan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.

Pakar gizi klinis Dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, mengatakan, vegan perlu lebih banyak menambah variasi protein setiap harinya. Karena orang yang menjalani vegan hanya memenuhi kebutuhan protein dari sumber nabati saja, seperti tahu, tempe, kedele, dan kacang-kacangan.

“Bagi vegan, konsumsi jenis protein nabati harus lebih banyak variasinya setiap porsi per harinya. Jika tidak, maka asupan tidak lengkap dan kebutuhan tubuh tidak terpenuhi,” jelas Dr Fiastuti kepada Kompas Female beberapa waktu lalu🙂

Asupan gizi vegan pun bisa seimbang, dengan menambah variasi protein setiap harinya. Sedangkan lemak bisa didapatkan dari kacang almond yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s