Vegetarian Ala Indonesia


zTernyata sebenarnya menjadi vegetarian ala indonesia mudah juga, sulitnya sih menahan nafsu ya, kalau menemukan makanan untuk dimakan sebenarnya tak terlalu sulit asalkan ada niat.banyak yang jual makanan di sekitar kita yang mendukung kita supaya jadi vegetarian, mulai di pelosok sampai di kota pasti ada yang menjualnya.

Apalagi di jawa barat, seperti aku yang tinggal di bogor, dekat rumahku pasti ada yang jualan karedok, gado-gado, rujak, buntil , dan banyak makanan yang mengandung sayur lainnya.

Bukan saja karena sehat, dan mengandung berbagai zat-zat yang diperlukan tubuh Ternyata makanan seperti karedok dan gado-gado, sangat memenuhi syarat untuk mencukupi kebutuhan mineral, vitamin, antioksidan, dan serat yang menjadi kebutuhan tubuh manusia supaya tetap sehat dan harganya juga relatif terjangkau.

Seperti aku yang bukan vegetarian total , tapi selalu diusahakan makan sayuran, walau tak sepenuhnya, aku masih kuat makan sate kambing dan tongseng , kalau orang lain yang jarang makan sayuran makan itu misalnya suamiku yang bukan orang jauh-jauh, maka dipastikan kepalanya pusing karena dia gak kuat dengan kolesterl tinggi.

Tapi aku alhamdulillah gak, walaupun sebenarnya kalau vegetarian jangan ya makan daging, tapi kayaknya gak kuat deh liatnya, mungkin karena pencernaanku masih agak lancar dan bersih ya makanya gak pusing .

Menjadi vegetarian memang tidak mudah, tapi insya allah dengan konsisten menjaga makanan yang sehat , maka badan kita akan terjaga kesehatannya, awet muda dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit degeneratif seperti sakit jantung , stroke, kanker, darah tinggi, dan banyak lagi, salah satu faktor penyebab penyakit degeneratif itu karena salah pola makan yang apabila dijalankan dalam waktu lama akan menyebabkan penyakit.

Dengan menjadi vegetarian berarti kita juga harus menghindari makanan kemasan, penyedap, pengawet , soda-soda, ,gula biang, dan juga sayuran yang mengandung pestisida, yang dimana harus dibersihkan secara sempurna, karena kalau tidak malah memberikan penyakit, jadi dengan menghindari semua makanan tambahan di atas berarti kita membuat pencernaan kita menjadi lebih bersih dan berfungsi secara optimal.

Mungkin bagi yang ingin jadi vegetarian ala indonesia yang ngirit dibawah ini ada ide-ide dari aku makanan apa aja yang bisa dikonsumsi :

1.Gado-gado

2.Karedok

3.Rujak

4.Buntil

5.Capcay

6.Sop buah

7.Sayur bening

8.Sayur asem

9.Tempe bacem

10 .Pepes tahu

11.Tempe orek

12.Oncom

13.Terong Belado

14.Sayur pakis

15.tumis kangkung

16.Tumis Buncis

17.Tumis kacang panjang

18.Sayuran Lodeh

19.Bakwan sayuran

20.Tempe mendoan

21.Sambel goreng kentang

22.Sayur labu siam

23. Sayur daun katuk

24.Sayur daun singkong

25.Perkedel jagung

26.Perkedel kentang

27.Nugget Tahu

28.Nugget tempe

29.Jagung bakar manis

30.dll

Sebenarnya banyak sekali makanan vegetarian, bahkan kalau kita ke resto, warteg, bahkan pesta besar pun masih ada makanan vegetarian, bukankah sayuran, buah-buahan itu bisa kita makan, jadi jangan kawatir kalau ada niat pasti ada jalan.

Memang yang terbaik adalah memasak dan menyiapkan makanan kita sendiri , karena kalau beli ada kemungkinan masih diberi tambahan, walau mungkin untuk gado-gado atau karedok kecil kemungkinan diberi penyedap, tapi untuk yang lain masih ada kemungkinan diberi msg atau penyedap lainnya.

Resepnya bisa kita cari di toko buku atau yang suka browsing internet mungkin bisa cari resep-resep vegetarian supaya memudahkan memasak masakan kita sendiri.

Di luar negeri juga ada program kesehatan dimana orang-orang gemuk dan tidak sehat menjalani diet makan sayuran dan buah selama 20 atau 30 hari, walaupun sulitnya luar biasa, apalagi bagi yang sudah terbiasa makan enak dan gurih, tapi yang berhasil melewatinya akan menjadi jauh lebih sehat dan berat badan berkurang, tetapi setelah program ini selesai diharapkan bisa mempertahankan pola makan sehat ini, karena kalau tidak berarti badan akan kembali seperti semula, para artis terkenal dan juga orang-orang kaya banyak yang menerapkan diet ini supaya lebih sehat dan rata-rata mereka sangat puas dengan hasilnya.

Yang penting kita niatnya untuk menjaga kesehatan, yang tentunya lebih mudah mencegah daripada mengobati, akibat dari pola makan dan hidup yang tak sehat adalah banyaknya penyakit di jaman ini dibanding saat makanan masih natural di jaman nenek kakek kita dulu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s